ASEAN BLOGGER COMMUNITY

Pembentukan wilayah Komunitas ASEAN 2015 bukan hal yang di awang – awang lagi akan tetapi sudah bergulir dengan cepatnya. Sosialisasipun benar benar kejar tayang oleh kemenlu yang menjadi PR besar dengan masuk ke sekolah sekolah dan kampus-kampus.   Merupakan suatu kehormatan untuk dapat mendampingi acara yang diadakan oleh DEPLU RI bekerja sama dengan Komunitas Blogger TPC. Sosialisasi kepada Blogger bau dimulai tepatnya pada tanggal 22 Mei 2010 di Hotel Inna Simpang, Surabaya, Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN, Departemen Luar Negeri bekerjasama dengan Komunitas Blogger Surabaya (Tugu Pahlawan.com) telah mengadakan seminar dan Sosialisasi Implementasi Piagam ASEAN dan pembentukan Komunitas ASEAN 2015. Bertindak sebagai pembicara adalah Duta Besar Hazairin Pohan, sedangkan pembicara dari para blogger itu saya sendiri (Ajengkol) dan Abdul Ghofur (Gempur). Hadir sebagai peserta adalah blogger dari Surabaya, Bangkalan, Mojokerto, Malang, dan Gresik. Sosialisasi ini dilanjutkan di berbagai kota di seluruh Indonesia

Sejalan dengan perkembangan kerjasama ASEAN dan rencana pembentukan Komunitas ASEAN 2015, ASEAN tumbuh menjadi suatu organisasi regional yang memiliki peran penting dalam memelihara stabilitas politik dan keamanan serta menciptakan pertumbuhan ekonomi di kawasan negara-negara di Asia Tenggara. Dalam proses perkembangan ini, Indonesia sebagai salah satu pendiri ASEAN dan Ketua ASEAN 2012 memainkan peran penting bagi terbentuknya Komunitas ASEAN yang memiliki motto: one vision, one identity, one community dan didasarkan pada tiga pilar: politik keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Untuk menyebarkan luaskan berbagai perkembangan ASEAN dan memberikan pemahaman mengenai relevansi ASEAN bagi masyarakat Indonesia, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri telah melakukan sosialisasi ke berbagai lapisan masyarakat, termasuk blogger yang dipandang memiliki peran penting dalam turut serta menyebarluaskan informasi, gagasan dan opini mengenai isu yang berkembang di masyarakat melalui media online.

Mendapat tantangan dari dua petinggi kemenlu mas Aris Heru Utomo dan pak Huzairin Pohanuntuk merealisasikan pembentukan blogger asean akhirnya meeting maratonpun bergulir. Pembentukan panitia secara mendadak untuk pembuatan acara deklarasi yang hanya memberi ruang 5 hari buat kami bekerja. ASEAN BLOGGER COMMUNITY dengan partner utama idblognetwork dan jaringannya membuat persiapan yang rasanya sulit bahkan nggak mungkin ini memungkinkan terjadi.  Dengan acara meriah akhirnya deklarasi  ASEAN BLOGGER COMMUNITY dengan secara resmi dilakukan penandatanganan deklarasi oleh perwakilan blogger bertempat di Es Teler 77 Jl. Adityawarman Jakarta Selatan yang sekaligus dicanangkan sebagai hari ulang tahun asean blogger

DEKLARASI PEMBENTUKAN

KOMUNITAS BLOGGER ASEAN-INDONESIA

(ASEAN BLOGGER COMMUNITY CHAPTER INDONESIA)

bahwa sejalan dengan perkembangan kerjasama ASEAN, khususnya pasca disepakatinya Piagam ASEAN pada tanggal 15 Desember 2008, ASEAN telah berubah menjadi suatu organisasi baru dengan aturan hukum yang jelas dan memiliki legal personality, menuju terbentuknya suatu Komunitas ASEAN 2015 yang didasarkan pada tiga pilar yaitu politik keamanan, ekonomi dan sosial budaya.

Bahwa sejalan dengan perkembangan yang terjadi, kepemilikan dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan ASEAN menuju dan paska Komunitas ASEAN 2015 dirasakan penting untuk mendorong partisipasi berbagai lapisan masyarakat tak terkecuali blogger Indonesia dalam proses pembangunan Komunitas ASEAN. Sebab itu, kami para blogger Indonesia sepakat untuk:

Pertama, membantu upaya-upaya memperkuat integrasi ASEAN yang bersifat kerakyatan (people centred) dan mendorong interaksi ASEAN dengan masyarakatnya yang lebih mendekatkan mereka satu sama lain.

Kedua, memberikan masukan bagi berbagai kebijakan dan kerjasama pilar-pilar ASEAN bagi peningkatan kepentingan nasional dan kesejahteraan rakyat.

Ketiga, menjembatani komunikasi di antara blogger dan partisipasi public di antara rakyat di negara-negara ASEAN melalui blog dan sosial media serta kegiatan offline.

Keempat, menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mendorong pelibatan blogger dan masyarakat agar memiliki rasa kepemilikan dan keinginan yang kuat untuk berpartisipasi dalam kerangka kerjasama ASEAN.

Kelima, membentuk sebuah wadah bagi para blogger untuk menampung dan menyampaikan aspirasi serta -melaksanakan berbagai kegiatan terkait ASEAN yang kami beri nama Komunitas Blogger ASEAN-Indonesia atau ASEAN Blogger Community Chapter Indonesia dengan alamat blog http://aseanblogger.com. . Keanggotaan Komunitas bersifat inklusif, mewakili Komunitas ataupun pribadi.

 

26 responses to this post.

  1. wow..asean blogger..
    Kereeeen bgt tuh kalo blogger se asia tenggara ngumpul2.

    Apa acaranya hnya dijakarta aja y mba?

    Reply

  2. Dengan acara meriah akhirnya deklarasi ASEAN BLOGGER COMMUNITY dengan secara resmi penantangan oleh perwakilan blogger bertempat di Es Teler 77 Jl. Adityawarman Jakarta Selatan <<<< penantangan ???

    penandatanganan kali ya yang dimaksud?! jadi bingung ??

    iya tadi ngetiknya buru buru

    Reply

  3. Yuk, mari kita kembangkan ASEAN Blogger chapter Indonesia dengan semangat kebersamaan!

    Reply

  4. wah, jadi semakin maju nih perkembangan blogger kawasan asean, sampai buat community sendiri.

    Reply

  5. wogh deklarasi blogger Asean… keren deh mba Ajeng….

    semoga blogger sak Asean makin maju 🙂

    Reply

  6. yang penting isinya ASEAN (10 negara? cmiiw) bukan endonesia saja

    Reply

  7. Wah pak gempur.. 😀
    Salam kenal mb ajeng.. 🙂

    Reply

  8. SELAMAT ATAS TERBENTUKNYA ASEAN BLOGGER COMMUNITY

    Reply

  9. Semoga komunitas blogger ASENAN bisa benar2 jd jembatan untuk integritas ASEAN yg lbh baik.
    Saya jg ingin mengucapkan terima kasih kpd B. Ajeng atas wejangan2nya di UPN kemarin . . .

    Reply

  10. maaf yg atas ada salah ketik, saya komen pake HP . . .

    Reply

  11. Semoga di Pesta Blogger mendatang juga dihadiri teman-teman Blogger dari ASEAN ya Bu, sehingga blogger Indonesia dikenal luas sampai Asia Tenggara

    Reply

  12. Asean blogger ? saya termasuk ya berarti ? 😀

    Reply

  13. sukses deh buat blogger blogger indonesia, hehehe

    Reply

  14. tambah bangga jadi blogger 😀

    Reply

  15. wah se asean ya… mantebbbb….

    Reply

  16. Wow, keren banget nih mbak Ajeng. kapan-kapan akan omjay undang ke Labschool sebagai pembicara.

    salam
    Omjay

    Reply

  17. Mantap, salah satu agenda anggotanya berarti blogwalking ke komunitas blogger di 9 negara tetangga dong. Silaturrahim membuka pintu rizki lho 🙂

    Reply

  18. Langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan apa yang telah dideklarasikan. Ayo tetap semangat

    Reply

  19. yeaaaahhhh…. blogger asean is coming…

    Reply

  20. jgn kuatir pak aris, insya Allah saya dan kawan-kawan daerah utamanya surabaya dan sekitarnya siap mendukung kok.

    Reply

  21. oleh oleh yang dari jakarta ya mbak?

    Reply

  22. weleh2… jadi semangat ngeblog kalau gini.. sukses semua blogger asean

    Reply

  23. sukses semuanya…. slam kenal dari ku newbi tok0blog.blogspot.com

    Reply

  24. Kalau melihat misi-nya sih bagus, kita tunggu hasil karyanya…..
    Maaf lho……hanya sekedar komentar. Tetapi emang sangat mengharapkan …

    Reply

  25. asean blogger community? wah kayaknya asyik tuh buat gabung….

    Reply

  26. senang mendengar terbentuknya komunitas blogger Asean, dan lebih senang lagi karena Manado kemungkinan akan menjadi salah satu tempat yang dipilih untuk mensosialisasikan akan keberadaan asean blogger

    Reply

Leave a comment